Garam

By
Advertisement
Garam merupakan mineral dengan komposisi utama sodium chloride (NaCl). Garam tersedia melimpah di planet bumi terkandung dalam air laut, yang umumnya memiliki kadar garam sekitar 3,5%. Garam sangat penting bagi manusia, dan merupakan sumber dari rasa asin, satu dari lima rasa dasar. 

Garam dikenal manusia sekitar 8000 tahun yang lalu, oleh berbagai kebudayaan awal manusia, di benua Asia, Eropa dan Afrika. Penggaraman merupakan cara pemberian rasa yang paling awal dikenal manusia. Selain itu, pengaraman juga merupakan metode pengawetan makanan yang populer.

Garam dapat diperoleh dari tambang alami, atau dari air laut dan sumber mata air kaya mineral yang diendapkan di payau atau kolam dangkal. Produk utama dari garam adalah soda api atau Natrium hidroksida (NaOH) dan Klor (Cl) yang dipergunakan dalam industri pvc, plastik, bubur kertas dan lainnya. Produksi garam per tahun mencapai 200 juta ton, dan hanya 6% yang dikonsumsi manusia.

Kandungan garam yang bermanfaat bagi manusia adalah sodium. Namun konsumsi berlebihan dari sodium dapat meningkatkan resiko terkena gangguan jantung dan pembuluh darah atau kardiovaskular, seperti tekanan darah tinggi atau hipertensi. Batas aman konsumsi garam adalah sekitar 5 gram per hari.

Garam

sumber: flickr

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.