Keledai

By
Advertisement
Keledai merupakan hewan yang masih satu keluarga dengan kuda. Keledai telah mengalami domestikasi, yakni golongan hewan liar yang telah dijinakkan dalam waktu lama. Keledai bisa dikawinsilangkan dengan kuda, yang hasilnya dikenal dengan nama bagal. Dibandingkan dengan kuda, keledai memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil, namun memiliki telinga yang lebih besar sehingga dapat mendengar lebih peka.

Keledai memiliki nama latin Equus africanus asinus, diperkirakan berasal dari benua Afrika.Keledai dikenal memiliki sifat keras kepala, mungkin karena memiliki insting "hewan mangsa" yang tinggi, sehingga sulit menakutinya atau memaksanya untuk melakukan hal yang dianggapnya berbahaya. Namun demikian, jika orang sudah mendapat kepercayaan keledai, maka keledai akan menjadi hewan yang dapat diandalkan.

Keledai memiliki kesamaan dengan kuda dalam hal pakannya dan perawatannya. Keledai terutama dimanfaatkan untuk mengangkut barang dan terkadang orang, terutama di negara-negara tertinggal. Sebagian kecil juga menjadi konsumsi, seperti di China dan Itali.

Keledai

suumber: flickr

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.